MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ketua Komisi IV DPRD, Akhmed Reza Fachlevi mengingatkan pentingnya Hari Guru Nasional (HPN) sebagai momen khusus untuk menghargai peran guru.

Menurut dia, sosok guru adalah kunci keberhasilan bangsa Indonesia. Tanpa bimbingan guru, prestasi tidak akan sama seperti saat ini.

Reza mencontohkan dirinya sendiri. Menurutnya, tanpa ada campur tangan seorang guru dalam hidupnya, dia tak akan mungkin duduk menjadi seorang Anggota DPRD.

Untuk itu, dia mendorong pemerintah untuk memberikan penghargaan terbaik pada semua guru yang sudah mengabdi di Provinsi Kaltim, termasuk pemberian insentif finansial, pengembangan profesional, dan pengakuan publik.

“Peningkatan tunjangan guru juga harus dipertimbangkan seiring dengan peningkatan kualitas pendidikan,” katanya, Sabtu (25/11/2023).

Reza Fachlevi juga mendukung upaya pemerataan akses pendidikan yang berkualitas di Provinsi Kaltim. Caranya, dengan mengurangi kesenjangan antara daerah perkotaan dan pedesaan.

Menurutnya, perlunya insentif lebih besar bagi pendidik yang mengajar di daerah pedalaman dan terpencil.

“Pemerataan guru sangat diperlukan. Mereka yang mengajar di daerah pedalaman dan terpencil perlu mendapatkan insentif yang lebih besar,” katanya.

Dia kembali menegaskan, peningkatan kesejahteraan guru harus menjadi prioritas serius, karena hal ini akan menjadi motivasi bagi mereka untuk terus memberikan yang terbaik dalam mendidik generasi muda.

“Saya berharap upaya ini akan memajukan Kaltim melalui peningkatan kualitas para guru,” tutupnya. (Hk/M.jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!