MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Jumlah perpustakaan di Berau yang sudah berstatus akreditas dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) terus bertambah, bahkan saat ini akreditasi perpustakaan Berau adalah yang terbanyak se-Kaltim.

Data dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim, dari 2.964 perpustakaan yang ada di Kaltim, namun baru 233 perpustakaan yang terakreditasi dan terbanyak berada di Berau, yakni sekitar 30 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim HM Syafranuddin usai menyerahkan Sertifikat Akreditas Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) kepada 14 perpustakaan di Berau.

Acara penyerahan Sertifikat Akreditas digelar di Kantor Bupati Berau, dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda Berau, Maulidiyah, disaksikan puluhan pejabat Pemkab Berau, termasuk Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Berau, Yudha Budhisantoso serta camat setempat, pada Selasa (13/6/2023).

Menurut HM Syafranuddin, Akreditas menjadi bukti kesungguhan perpustakaan di Berau untuk meningkatkan mutu dan layanannya.

Sementara, Asisten III Setda Berau Maulidiyah turut mengapresiasi atas banyaknya perpustakaan di wilayahnya yang sudah mengantongi Sertifikat Akreditas.

“Selamat, dengan menerima sertifikat akreditas berarti pengelolaan perpustakaan yang ada di Berau sudah sesuai standar nasional, sekarang bagaimana mempertahanan dan meningkatkannya sesuai dengan perkembangan zaman serta teknologi,” ujarnya.

Merujuk surat Direktur Standarisasi dan Akreditasi Perpusnas, 14 perpustakaan di Berau yang terakreditas A tersebut terdiri dari sebanyak 9 perpustakaan, yakni SDN 002 Tanjung Redeb, SDN 005 Tanjung Redeb, Perpustakaan Sanggam Kampung Maluang, SDN 001 Gunung Tabur, SMPN 1 Segah, Perpustakaan Kampung Biduk-Biduk, SMPN2 Talisayan, SDN 004 Tanjung Redeb,SMPN 1 Tanjung Redeb, SMN 4 Tanjung Redeb, dan SMPN 1 Tanjung Redeb. Sementara 3 perpustakaan memperoleh akreditas B yakni SDN 003 Tanjung Redeb, SMKN 3 Berau dan SMPN 6 Tanjung Redeb. (Adv DPK Kaltim/M Jay)

Share
Don`t copy text!