MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Mewakili Wakil Gubernur Kaltim, Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat Christianus Benny membuka kegiatan Pelatihan Kepala Perpustakaan Sekolah se-Kaltim, yang dilaksanakan di Hotel Horison Samarinda, Senin (31/10/2022).

Dihadapan 40 peserta pelatihan, Benny menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan pelatihan Kepala Perpustakaan se-Kaltim tersebut.

Kegiatan ini dinilai sangat penting dan strategis, sebagai upaya bersama dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia (SDM), pengelola perpustakaan sekolah di Kaltim menuju pengelolaan perpustakaan sekolah yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

“Perpustakaan sekolah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan merupakan prasyarat utama yang sangat kita perlukan, dalam rangka membangun budaya baca dan literasi masyarakat melalui pemberdayaan potensi perpustakaan,” tuturnya.

Dikatakan, indeks literasi sangat berkaitan dengan komponen penyediaan sarana dan prasarana perpustakaan. Sementara penilaian indeks kegemaran membaca, berkaitan dengan aktivitas masyaraat dalam membaca buku dan memanfaatkan internet sebagai preferensi untuk memenuhi kebutuhan informasi dan bahan bacaan.

Pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan yang sesuai dengan SNP, lanjutnya, mutlak dilakukan agar kualitas penyelenggaraan suatu perpustakaan memenuhi kaidah yang berlaku, sehingga masyarakat pengguna perpustakaan atau Pemustaka memiliki animo untuk mendayagunakan perpustakaan dalam upaya peningkatan budaya baca dan literasi masyarakat.

“Saya berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik hingga tuntas. Harapannya seluruh peserta mendapatkan ilmu dan inspirasi yang bermanfaat,” tutupnya. (Adv82/Koko/M Jay)

Don`t copy text!