MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Bidang Pengembangan Pemuda telah sukses menyelenggarakan Seminar Wirausaha Pemula yang berlokasi di Pantai Panrita Lopi, Muara Badak.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, mengungkapkan bahwa seminar ini merupakan bagian dari upaya Dispora untuk mendorong minat para pemuda di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) agar berani menjadi pengusaha atau wirausahawan.

“Kami ingin memberi semangat kepada para pemuda untuk merintis usaha mereka sendiri, karena menjadi seorang pengusaha memerlukan keberanian untuk mencoba hal baru,” ujar Rasman, Sabtu (4/11/23).

Peserta seminar yang berjumlah 135 pemuda berasal dari 13 desa yang tersebar di Kecamatan Muara Badak. Dengan menggelar acara ini, Dispora berharap dapat menginspirasi mereka untuk memulai perjalanan sebagai pengusaha, bahkan dari hal-hal kecil.

Sejumlah narasumber yang diundang dalam seminar ini merupakan pengusaha yang memulai usaha mereka dari skala kecil dan berhasil mencapai kesuksesan yang mereka nikmati saat ini.

Salah satu contohnya adalah pemilik Taman Wisata Salma Shofa di Kota Samarinda. Awalnya, usaha tersebut hanya berjualan tanaman hias, tetapi kini telah berkembang menjadi destinasi wisata yang memiliki kolam renang untuk semua usia dan berbagai wahana outbound.

Dispora juga menghadirkan pemilik wisata Pantai Panrita Lopi, Daeng Lompo, sebagai narasumber kedua. Daeng Lompo memulai usahanya dari nol dan dengan keberanian membuka usaha wisata. Saat ini, objek wisatanya telah menjadi sangat terkenal.

Seminar ini tidak hanya memberikan wawasan tentang berwirausaha kepada para pemuda, tetapi juga menginspirasi mereka untuk mengambil langkah pertama dalam perjalanan wirausaha mereka sendiri, bahkan jika dimulai dari hal-hal kecil.

“Kami harapkan kegiatan ini akan membantu menciptakan para wirausahawan muda yang berani dan sukses di masa depan,” tandasnya. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!