MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melalui Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading mengatakan, berbagai upaya dan program dilaksanakan pihaknya untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas pemuda Kaltim, khususnya dalam bidang olahraga.

Diantara program tersebut adalah rutin menggelar event yang bersifat kepemudaan dan olahraga. Tidak hanya untuk laki-laki saja, tetapi juga untuk perempuan.

“Kami selalu berusaha, bahwa dalam setiap kegiatan itu selalu ada keterwakilan gender,” ujarnya belum lama ini.

Dikatakannya, program peningkatan kualitas pemuda Kaltim ini adalah upaya Dispora Kaltim untuk mendesain sejak awal potensi yang dimiliki generasi muda dalam berbagai bidang. Upaya itu memang secara konsisten ditunjukkan Dispora dalam berbagai kegiatan yang dilakukan.

Rasman mencontohkan, diantara program yang dibuat Dispora Kaltim adalah Pemilihan Pemuda Pelopor atau pertukaran pemuda antarnegara, dan kesetaraan gender yang ditunjukkan dengan adanya keterwakilan gender.

Terbaru, event kompetisi sepak bola wanita yang akan digulirkan pada 15 November mendatang. Hal ini membuktikan bahwa Dispora Kaltim komitmen soal kesetaraan gender tersebut.

“Kesetaraan gender sendiri bisa didefinisikan sebagai sebuah cara pandang. Bagaimana laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama, dengan tetap memerhatikan perspektif kodratinya, tanpa ada yang merasa lebih tinggi dari yang lain, ” pungkasnya. (Oen/M.Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!