MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji mengapresiasi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, karena berhasil mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk menghadapi persaingan yang ada.

Terlebih kata dia, dengan Kaltim ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN), peran Unmul Samarinda mencetak SDM berdaya saing guna sangat didorong.

“Kami mendukung upaya Unmul untuk meningkatkan produktivitas akademik dan mencapai Akreditasi A di semua jurusan,”ujarnya.

Dikatakannya, saat ini Unmul masih berada di peringkat 40 universitas terbaik se-Indonesia dan nomor satu di Kalimantan. Sehingga, peningkatan kualitas Unmul akan terus didorong.

Kata Seno Aji, DPRD Kaltim memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan di Kaltim. Termasuk Unmul, dengan mengalokasikan anggaran di APBD untuk hibah pembangunan gedung di beberapa fakultas.

“Harapannya, dengan anggaran dan fasilitas yang memadai, Unmul dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing,” katanya.

Dirinya berharap, ke depan Kaltim akan memiliki SDM yang lebih unggul dan berkontribusi lebih besar untuk Kaltim dan IKN.

“Semoga mahasiswa Unmul bisa menjadi generasi yang mampu mengembangkan potensi diri dan daerah, serta berkontribusi positif bagi bangsa dan negara,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Unmul Abdunnur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pencapaian Unmul sebagai kampus unggulan Kalimantan.

“Unmul saat ini menduduki peringkat ke-40 dari 529 universitas se- Indonesia,” ujarnya belum lama ini.

Unmul, lanjutnya, juga mencatat capaian lain pada tahun 2023, seperti pengukuhan 36 dosen menjadi guru besar, penambahan mahasiswa baru, status Akreditasi, dan lain-lain.

“Pengukuhan dosen guru besar tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan. Dari 64 dosen guru besar pada 2021, menjadi 67 pada 2022, dan menjadi 87 pada 2023. Ini merupakan capaian yang luar biasa,” imbuhnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Share
Don`t copy text!