MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, HM Agus Hari Kesuma mengatakan, pihaknya mendorong dan memberikan perhatian besar untuk peningkatan sport industry Kaltim.

Menurut dia, selain sport tourism, sektor sport industry dinilai sangat potensial. Kendati demikian, dua hal tersebut memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Yaitu, mengenalkan potensi pariwisata dan mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui olahraga.

Dikatakan HM Agus Hari Kesuma, bahwa sport industry sudah dilaksanakan pada cabang olahraga (Cabor) sepak bola. Sehingga, ke depan, Dispora Kaltim akan terus mendorong untuk memacu industri pada voli dan basket.

“Basket dan voli ini perlu dilakukan penekanan lagi untuk memacu industri,” ujarnya.

Lanjut, HM Agus Hari Kesuma mengakui, sektor industrialisasi olahraga, khususnya di sepak bola memang sudah cukup berjalan. Salah satunya dengan melihat kiprah Borneo FC sebagai satu-satunya klub di Kaltim yang mampu bermain dan eksis di event sepak bola nasional.

“Dengan pemberdayaan ekonomi yang melibatkan suporter, terkait pengadaan produksi merchandise. Ini mampu menggerakkan ekonomi pedagang-pedagang kecil saat ada pertandingan,” imbuhnya. (Oen/M.Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!