MEDIABORNEO.NET, BONTANG – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim hadir pada pembukaan Perkemahan Barasaka 2023, yang dilaksanakan di Buperta Taman PKK, Bontang, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wali Kota Bontang, Basri Rase, diikuti 340 peserta pramuka dari Bontang, Samarinda, Balikpapan, Berau, Kukar dan Kutim. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, yakni mulai tanggal 15 hingga 18 November 2023.

“Ada banyak tujuan dari kegiatan Barasaka ini. Diantaranya, untuk mengembangkan potensi, serta sebagai ajang silaturahmi antar pramuka, penegak dan Pandega dari seluruh Kaltim, ” ujar Wali Kota Bontang saat menyampaikan sambutan.

Sementara itu, Kepala Dispora Kaltim yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Pemuda, Bahri mengatakan, pramuka menjadi wadah untuk melatih generasi muda agar maksimal mengembangkan setiap potensi diri, baik secara individu maupun kelompok.

“Pengembangan potensi diri ini bisa berupa intelektual, spiritual, sosial, dan fisik,” ujarnya.

Melalui kegiatan kepramukaan diharapkan nantinya dapat membentuk kepribadian dan akhlak yang mulia, menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri generasi muda.

Termasuk, lanjut Bahri, upaya untuk menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda, sehingga menjadi individu bermanfaat bagi orang-orang di sekelilingnya, bahkan bagi bangsa dan negara.

Pramuka, lanjut dia, merupakan wujud komitmen dalam meningkatkan kualitas anggota pramuka dan mendorong implementasi program kerja yang berkelanjutan.

“Pramuka merupakan wahana yang luar biasa untuk memupuk nilai-nilai positif, keterampilan, dan tanggung jawab sosial di kalangan generasi penerus bangsa,” ujarnya. (Oen/M.jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!