MEDIANBORNEO.NET, SAMARINDA – Sebagai sarana penunjang Pekan Olahraga Nasional (PON) di Benua Etam, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur komitmen tingkatkan infrastruktur dengan melakukan perbaikan bangunan terhadap Hotel Atlet.

Langkah ini juga menjadi upaya pemanfaatan aset daerah yang belum terurus, melalui anggaran 2024. Terlebih Hotel Atlet tersebut telah hampir 14 tahun lamanya tidak beroperasi.

Berembus pula kabar bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim canangkan gedung tersebut untuk menjadi kantor barunya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Hari Kesuma tegaskan, Hotel Atlet akan tetap dioperasikan.

“Kami akan mengembalikan eksistensi Hotel Atlet,” ujar pria yang kerap disapa AHK tersebut.

Ia mengakui, bahwa pemanfaatan gedung ini juga telah dikoordinasikan oleh Dispora Kaltim kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim.

“Sekda lebih paham. Karena beliau Ketua TAPD. Kita sudah susun maunya ini, saya maunya ini,” ungkapnya.

Ia menaruh harapan besar agar Hotel Atlet dapat kembali difungsikan sebagai hotel dengan penambahan berbagai ornamen baru, mulai dari tenant-tenant coffeeshop dan arena skateboard indoor.

“Ini juga bisa dialih fungsikan menjadi pusat perbelanjaan dan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” bebernya.

Perbaikan ini juga dilakukan karena Pemprov Kaltim telah menyetujui untuk melakukan renovasi Hotel Atlet dengan anggaran APBD yang ditingkatkan.

Proyek ini direncanakan akan dimulai pada tahun 2024 dan akan mengembalikan hotel tersebut ke desain aslinya.

“Kita bikin kembali. Kalau perlu diserahkan kepada pihak ketiga,” tandasnya. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!