MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Damayanti mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Samarinda untuk membuat program jemput bola ke sekolah-sekolah dan event literasi, guna menumbuhkan minat baca siswa.

“Saya sangat berharap sekali Pemerintah Kota Samarinda, dalam hal ini Dinas Perpustakaan bisa menjemput bola. Artinya dengan dijadwalkan dalam satu minggu setiap sekolah-sekolah diwajibkan untuk mengunjungi perpustakaan,” katanya.

Selain itu, dengan rutinnya menggelar event literasi, dapat memacu semangat masyarakat untuk lebih mencintai literasi itu sendiri.

“Kemudian mungkin bisa membuat event-event di perpustakaan, yang nilainya menarik. Apakah itu lomba baca puisi, menggambar, mendongeng atau apapun itu jenisnya. Artinya, semakin banyak orang yang datang,” katanya.

Event literasi, lanjut Damayanti, hendaknya dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda. Selain sebagai upaya untuk mendatangkan masyarakat berkunjung ke perpustakaan, tetapi juga secara tidak langsung akan dapat membuat masyarakat untuk melihat-lihat koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut. Terlebih dengan fasilitas, sarana dan prasarana yang disediakan saat ini oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda dipastikan akan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

“Awalnya bikin dengan kegiatan lainnya, agar masyarakat datang melihat kegiatan itu. Namun secara tidak langsung dengan melihat buku, mereka jadi tertarik dan akhirnya membaca buku di sana,” ujarnya.

“Itu menurut saya bisa menjadi sebagian strategi-strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Harus dipancing, kalau tidak dipancing, apalagi dunia ini sudah seperti ada dalam genggaman gadget. Artinya harus ada kerja cerdas pemerintah, Dinas Perpustakaan dan semoga itu bisa efektif,” tutupnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!