MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Mengunjungi Perpustakaan Daerah Kaltim menjadi rutinitas rutin yang dilakukan Christian Dinata, Mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman. Terlebih ketika banyak tugas kuliah yang harus dikerjakan.

Menurut dia, Perpustakaan Daerah Kaltim menjadi referensi pertama bagi banyak mahasiswa dan pelajar untuk datang, lantaran memiliki koleksi buku-buku yang lengkap dan fasilitas, sarana dan prasarana yang mendukung.

“Saya ke sini mengerjakan tugas skripsi akir. Memilih di sini karena sumbernya buku yang saya cari cukup lengkap dan mudah didapat, karena sudah dikelompokkan bukunya, sehingga lebih mudah,” ujarnya.

Mengenai layanan, Christian Dinata juga mengapresiasi Dinas Perpustakaan Kaltim, karena dinilai pro aktif membantu pengunjung dalam memudahkan mencari buku-buku yang dibutuhkan.

“Pelayanan petugasnya kalau kita tanya buku yang kita cari, mereka bergegas membantu, jadi lebih cukup membantu kita. Seperti buku pendidikan, diarahkan di bagian buku pendidikan. Tetapi kalau misalnya kita jelaskan cari koleksi yang ini, dari perpustakaan bilang untuk buku ini belum ada, mungkin bisa dicari yang bentuk digitalnya,” ujarnya.

“Saya pernah cari buku, tapi bukunya tidak ada di sini, kami diminta meninggalkan nomor HP dan mereka mencarikan. Setelah buku ada, mereka menghubungi kami,” sambungnya.

Christian Dinata berharap, ke depan Perpustakaan Daerah Kaltim dapat lebih menambah koleksi-koleksi buku-buku terbaru. Termasuk, menambah judul buku baru pada aplikasi i-Kaltim.

“Kami berharap ada buku terbitan nasional dan jumlahnya diperbanyak, karena untuk mencarinya sangat sulit, juga untuk perpustakaan digitalnya, soalnya buku nasional sulit didapatkan di sini. Selain itu, supaya perpustakaan bukan sekedar menyediakan buku-buku yang lama, tapi juga buku-bukunya diupdate, jadi masyarakat bisa menggali lagi buku-buku yang ada,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!