MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi IV DPRD Samarinda Maswedi berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mendorong seluruh OPD di lingkupnya untuk menyiapkan perpustakaan mini atau pojok baca. Termasuk menyiapkan pojok baca di tempat pelayanan umum.

“Kita akan menyampaikan kepada OPD terkait, setidaknya pojok-pojok baca harus ada di setiap instasi atau lembaga, hingga fasilitas di seluruh kantor OPD yang ada di Kota Samarinda. Termasuk di tempat umum juga harus disediakan,” katanya.

Menurutnya, dengan membuat dan menyediakan perpustakaan mini maupun pojok baca menjadi hal penting dilakukan, karena perpustakaan berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sekaligus menciptakan masyarakat yang mempunyai kemampuan literasi lebih tinggi.

Sehingga kata Maswedi, hendaknya perpustakaan mini maupun pojok baca tidak hanya ada di lingkungan pemerintah saja, tetapi lingkungan swasta, baik yang ada di daerah perkotaan sampai di wilayah pelosok.

“Selain itu perpustakaan itu juga harus kita bangun lagi, bukan hanya di pusat daerah, tetapi juga daerah terpencil juga harus disediakan, sehingga mencangkup masyarakat yang tinggal di pinggiran kota,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini kapabilitas perpustakaan juga mengalami perubahan ke arah transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan, serta daya terampil sumber daya manusia (SDM) dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat.

“Transformasi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya dan potensinya yang dimilikinya,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!