MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Bank Indonesia (BI) Kaltim mendukung penuh upaya peningkatan literasi masyarakat Kaltim. Diantaranya melalui kegiatan Tour Library Kaltim tahun 2023 dengan tema “Gerakan Kolaborasi untuk Peningkatan Minat Baca dan Literasi Masyarakat Kalimantan Timur” yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Senin (27/11/2023).

Kegiatan yang juga dirangkai dengan talkshow yang mengangkat tema “Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat” tersebut dibuka oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Hendik Sudaryanto, di Aula Maratua Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, serta ratusan siswa, mahasiswa, guru, dosen, pustakawan, pegiat literasi dan penggerak PKK.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Hendik Sudaryanto menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai upaya mendorong peningkatan budaya baca dan literasi masyarakat.

Dikatakannya, Bank Indonesia memberikan apresiasi yang besar kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

Hendik Sudaryanto menyebut, literasi merupakan hal yang penting untuk mewujudkan wawasan dan pendidikan yang lebih berkualitas.

Upaya Bank Indonesia untuk membantu peningkatan literasi tersebut, lanjutnya, memiliki fasilitas Perpustakaan Bank Indonesia Kaltim.

“Saat ini Perpustakaan BI bisa dikunjungi oleh pegawai BI, maupun masyarakat umum. Jumlah koleksi buku fisik yang dimiliki yaitu sekitar 4.172 buku. Selain itu, BI juga memiliki perpustakaan digital yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui aplikasiiBI Library yang dapat didownload di handphone,” ucap Hendik.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan BI Kaltim untuk peningkatan literasi masyarakat.

Ke depan, Bank Indonesia bersama Pemerinah Provinsi Kaltim akan terus bersinergi untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Masih dalam rangkaian kegiatan Tour Library Kaltim tahun 2023, juga diisi dengan talkshow dengan menghadirkan narasumber dari Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub, Rintas Tasya dan Dr Sudarman.

Penulis : End
Editor : M Jay

Don`t copy text!