MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim bersama Pengelola Bandara APT Pranoto Samarinda melaksanakan Sosialisasi CBS Rupiah dan QRIS, di Agarwood Lounge Bandara APT Pranoto Samarinda, Jumat (29/9/2023).

Kegiatan ini juga dirangkai dengan peresmian memorabilia Uang Rupiah Rp 20.000.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan pegawai dan mitra Bandara APT Pranoto. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa cinta, bangga dan paham terhadap rupiah.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Muhamad Rais dalam sambutannya mengatakan, uang rupiah adalah simbol kedaulatan negara Indonesia, sehingga masyarakat perlu mengenal uang rupiah tersebut.

Muhammad Rais mengapresiasi Pengelola dan Management Bandara APT Pranoto Samarinda atas dukungan fasilitas edukasi dan spot informasi tentang CBP.

Deputi Kepala Perwakilan BI Kaltim juga menyerahkan memorabilia uang rupiah pecahan Rp 20.000 untuk ditempatkan di lokasi strategis Bandara APT Pranoto.

“Alasan dipilihnya Bandara APT Pranoto, karena bandara ini merupakan salah satu pintu gerbang utama menuju Kalimantan Timur, sehingga dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat dan wisatawan yang datang, ” kata Muhammad Rais.

Terkait dengan alasan pemilihan uang pecahan Rp 20.000, Muhammad Rais menjelaskan bahwa, hal ini menjadi pertimbangan desainnya yang memuat gambar Pulau Derawan dan Tari Gong, khas Kalimantan Timur.

Sementara itu, Kepala Pelayanan dan Kerjasama Bandara APT Pranoto Samarinda, Denny Armanto turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan sosialisasi menjadi edukasi tentang CBP terhadap rupiah oleh Tim PUR.

Kegiatan selanjutnya adalah perluasan pesan CBP dan QRIS melalui pemutaran vidio edukasi CBP rupiah dan QRIS, di lingkungan bandara pada vidio tron dan pemasangan banner CBP, di beberapa titik strategis di lokasi bandara.

Selanjutnya, Bank Indonesia bersama Bandara APT Pranoto Samarinda serta stakeholder terkait akan terus bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan literasi rupiah di Kaltim.

Editor : M Jay

Don`t copy text!