MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Solo International Performing Art (SIPA) menggelar Festival Topeng Nusantara di Taman Kota Raja, Tenggarong.

Digagas sejak tahun 2022, Festival Topeng Nusantara ini merupakan pertama kalinya digelar di Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan mengusung tema “Mystical Mask Of Nusantara” Kegiatan dimulai dari tanggal 9 sampai 11 November 2023.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo mengatakan, Topeng merupakan karya seni tradisional yang telah lama di kenal dan berkembang dibeberapa daerah.

“Untuk rangkaian kegiatan itu yakni, ada Talk Show, Performing Art, Traditional Dance Workshop dan Bazar UMKM,” kata Slamet, Jum’at (10/11/2023).

Ia menyebutkan, FKN 2023 menyajikan kesenian dari Kukar dan di lengkapi dengan penampilan SIPA Solo Seperti, Sanggar Tari Cahaya Kedaton, Lentera, Sanggar Tari Sinduru, Sangkoh Piatu, SIPA Solo.

“Yang tergabung dalam SIPA Solo itu ada tujuh orang, dari tiga daerah yang berbeda yakni, Semarang Jawa Tengah, Cirebon Jawa Barat, Ponorogo Jawa Timur,” sebutnya.

Ia menjelaskan, Tujuan dihadirkannya Festival Topeng Nusantara (FTN) di tengah-tengah masyarakat adalah sebagai diplomasi budaya antar daerah, mengenalkan Budaya Topeng Kutai Kartanegara (Kukar) kepada semua kalangan masyarakat sehingga budaya ini bisa terjaga dengan baik.

“Ini hasil karya dari Kukar, kita mengenalkan karya seni budaya kukar yakni topeng melalui Festival ini,” jelasnya.

Ia berharap, wawasan masyarakat terhadap seni topeng tradisional ini semakin kaya, dan diwajibkan untuk kita menjaga tradisi dengan cara melestarikan nilai-nilai seni dan budaya di Kukar.

“Kita juga berharap wisatawan domestik dan mancanegara untuk menyaksikan dan mampu mempelajari budaya disini, agar semua tau kalau Kukar juga kaya dengan budayanya,” tutupnya. (Aan/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!