MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar menggandeng Inixindo Bandung, melaksanakan Pelatihan Digital Leadership dan Sertifikasi Government Chief Information Officer (GCIO).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 8 sampai 9 Nopember 2023, di Hotel Mercure Samarinda.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh lingkup Pemkab Kukar. Sasaran dari pelaksanaan Pelatihan dan sertifikasi GCIO adalah Pejabat eselon II, eselon III dan eselon IV maupun Jabatan Fungsional di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara. Diikuti sebanyak 60 orang dari berbagai OPD seluruh Kukar.

Kadis Kominfo Kukar, Dafip Haryanto mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar peserta dapat memiliki kemampuan memadukan teknologi dan sistem informasi dengan aspek-aspek manajemen lainnya dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya di perangkat daerah. Sehingga, kata dia, nantinya dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan pembangunan di Kabupaten Kukar.

Dafip menyebut, pelatihan menjadi penting dalam perjalanan menuju transformasi digital dalam pemerintahan.

“Dalam era di mana teknologi terus berkembang dengan cepat, transformasi digital bukanlah pilihan, tetapi suatu keharusan,” katanya.

Langkah ini, sambung Dafip, juga memiliki makna bahwa Pemerintah daerah Kukar memiliki tekad kuat untuk memajukan pemerintahan berbasis elektronik, demi memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat

OPD bertanggungjawab penuh dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Harus selalu adaptif terhadap perkembangan jaman. Diantaranya dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, sesuai tugas dan fungsi yang melekat di masing-masing nomenklatur kelembagaannya.

“Tujuannya tidak lain agar komunikasi pembangunan dapat tersampaikan lebih efektif kepada masyarakat, ” katanya.

Dalam pelatihan ini akan disampaikan materi terkait tata kelola TIK yang berbasis best-practice, sehingga penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Pemkab Kukar bisa berhasil secara efektif dan terukur.

Pada hari kedua nanti akan dilakukan Ujian Sertifikasi GCIO yang berlisensi resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sampai dengan tahun 2023, baru 12 orang yang memiliki sertifikasi GCIO di Kabupaten Kutai Kartanegara, dan seluruhnya ada di Diskominfo Kukar

Untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin banyak yang memiliki sertifikasi GCIO dan tersebar di seluruh perangkat daerah, karena Kegiatan Pelatihan Digital Leadership dan Sertifikasi GCIO ini merupakan salah satu pendekatan yang kita lakukan untuk mengakselerasi transformasi digital di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Bersamaan dengan kegiatan Pelatihan Digital Leadership ini, ada agenda Evaluasi Smart City yang sudah dijadwalkan oleh Tim Evaluator dari Kementerian Kominfo RI, yaitu pada hari ini pukul 11.30 WITA secara online.

” Untuk itu kami berharap Bapak/Ibu sekalian berkenan mengikuti bersama dan mendampingi kami dalam pelaksanaan evaluasi tersebut, ” tandasnya. (Han/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!