MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim terus berkomitmen meningkatkan literasi masyarakat Kaltim. Berbagai upaya dilakukan, diantaranya menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten/kota dan perpustakaan kampus untuk mendukung program layanan pinjam buku antar daerah.

Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin menerangkan, pihaknya telah menyusun konsep layanan pinjam buku antar daerah untuk memberikan kemudahan pada para Pemustaka mendapatkan buku yang dicari.

Karena diakuinya, terkadang ada beberapa buku yang memang belum tersedia di beberapa perpustakaan, baik yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota.

Menurutnya, dari layanan pinjam buku antar daerah tersebut, seluruh perpustakaan kabupaten/kota di Kaltim akan berkomunikasi mengenai kebutuhan bahan bacaan yang dicari dan diinginkan Pemustaka.

“Misalnya ada Pemustaka di Samarinda ingin meminjam buku jurnalistik, tapi ternyata buku yang dicari tidak ada di perpustakaan sini, adanya di perpustakaan Balikpapan. Nah kami akan berkomunikasi dengan perpustakaan Balikpapan untuk peminjaman buku tersebut, tanpa harus di Pemustaka repot-repot mencari ke tempat lain,” katanya.

Untuk mematangkan program itu terlaksana, DPK Kaltim, kata HM Syafranuddin akan melakukan penandatangan kerjasama dengan seluruh perpustakaan kabupaten/kota, termasuk perpustakaan kampus yang ada di Kaltim.

“Kami sudah siapjan untuk mengadakan MoU, untuk memudahkan layanan dengan konsep seperti itu,” imbuhnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!