MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis meminta pemerintah memperhatikan pertanian di Kaltim.

Dikatakannya, Kaltim memiliki lahan yang luas dan cocok untuk dikembangkan menjadi lahan pertanian. Selain itu, dengan Kaltim ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN), maka nantinya sektor pertanian sangat diperlukan.

Pasalnya, adanya IKN akan berdampak pada meningkatnya jumlah penduduk di Kaltim, khususnya pada daerah-daerah penyangga IKN, yang pastinya juga akan semakin banyak permintaan hasil pertanian.

Untuk itu, Ananda meminta pemerintah harus serius memperhatikan persoalan ketersediaan pupuk dan alat-alat pertanian lainnya dari sekarang untuk program kedaulatan pangan.

“Kaltim tak kalah subur dengan daerah lain. Oleh karena itu pengupayaan kedaulatan pangan dari hilir harus dianggarkan di tahun berikutnya. Seperti pengadaan alat dan mesin pertanian serta pendukung lainnya,” ujarnya.

Nanda berharap, Kaltim dapat menjadi pusat Indonesia dalam hal pangan dan pertanian. Ia juga mengajak masyarakat untuk berdikari dan tidak bergantung pada impor luar daerah. Selain itu dirinya juga mengingatkan agar pemerintah tidak hanya sekadar berwacana tetapi juga bertindak nyata dalam membantu para petani di Kaltim.

“Dari sekarang kita harus mempersiapkan diri, pemerintah harus serius mewujudkan Kaltim swasembada pangan,” tandasnya. (Hk/M.Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!