MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Partisipasi aktif pemuda dalam berbagai aspek sangat penting, sebagai pelopor dan pelaku utama dalam perubahan. Keberanian dan semangat pemuda yang penting ini, didorong melalui program pemilihan Pemuda Pelopor oleh Kemenpora.

Program ini membuka pintu bagi pemuda untuk menjadi pemimpin dalam menghadapi serta menyelesaikan berbagai permasalahan. Selain itu, program ini menjadi wadah di mana para pemuda dapat menunjukkan semangat mereka dalam menggali potensi, menciptakan inovasi, mengatasi tantangan, serta memberikan solusi atas beragam masalah yang ada.

Peran penting kehadiran pemuda pelopor ini disorot Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Rasman.

“Pemuda pelopor nanti akan kita undang, yang telah kita tetapkan di provinsi,” ujar Rasman, usai peresmian Pekan Raya Pemuda Kaltim, di GOR Kadrie Oening, Kamis (26/10/23).

Baik dari bidang inovasi teknologi, bidang pendidikan, bidang agama, sosial budaya, Sumber Daya Ayam Lingkungan dan Pariwisata, diungkapkan Rasman, akan dihadirkan pada saat Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-95 pada 28 Oktober.

“Kami sekaligus mengundang pemuda berprestasi se-Kaltim kemudian pemuda dari paskib nasional,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pemilihan Pemuda Pelopor diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten atau kota, provinsi, dan nasional. Dengan dibuka mulai dari Juni 2023 lalu, Kaltim memiliki perwakilan Pemuda Pelopor yang berhasil meraih posisi ke-3 dalam bidang pendidikan, yakni Yurni Handayani (Samarinda). (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Share
Don`t copy text!