MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim di bawah kepemimpinan HM Syafranuddin memiliki program prioritas, yakni melakukan rehabilitasi fasilitas, sarana dan prasarana Perpustakaan Daerah Kaltim serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Yang pasti saya akan lakukan rehabilitasi dulu untuk fasilitas, sarana dan prasarananya. Kemudian meningkatkan kualitas SDM, karena dua unsur itu adalah yang sangat penting untuk kita mewujudkan perpuspataan yang lebih baik,” katanya saat menjadi narasumber di tevelisi lokal.

Dikatakan mantan Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim ini, perpustakaan harus meningkatkan layanannya dengan baik, sehingga perlu didukung dengan ketersediaan fasilitas, sarana dan prasarana yang baik dan mencukupi. Selain itu tentunya juga SDM yang berkualitas unggul.

“Menyangkut layanan, kalau tempat tidak mendukung, bagaimana kami bisa memberikan layanan yang baik,” katanya.

Masih kata HM Syafranuddin, pun termasuk penyediaan layanan bagi penyandang disabilitas dan lansia, ke depan pihaknya telah merancang layanan tersebut untuk bisa diterapkan di Perpustakaan Daerah Kaltim.

“Misalnya untuk kawan-kawan kita penyandang dipabel atau disabilitas, termasuk bagaimana ke depannya layanan bagi lansia, nah ini yang kita rencanakan, karena kita ingin berikan layanan publik sesuai arahan Undang-Undang,” terangnya.

Terkait dengan peningkatan SDM, HM Syafranuddin mengatakan dirinya masih mencari lembaga-lembaga sertifikasi yang dapat memberikan pelatihan peningkatan kualitas jajaran di bawahnya untuk lebih baik.

“SDM ini kita harus dorong kualitasnya, makanya saya cari tempat dimana yang bisa nmendorong jajaran saya ini agar mereka bisa mengejar upgrade. saya ini cuma dua tahun lagi mengabdi, lalu siapa yang menggantikan? Maka ini harus dipersiapkan, karena kita tidak tahu teknologi apa yang akan ada di perpustakaan ini ke depannya. Saya berharap perpustakaan ini bisa besar dan mampu memberikan layanan yang baik ,” tutupnya. (Adv55/Koko/ Oen).

Don`t copy text!