MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Di era perkembangan zaman yang kian pesat saat ini, tak banyak lagi masyarakat, khususnya kaum muda yang menggeluti bidang pertanian.

Padahal dengan semakin sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan saat ini, justru dengan memanfaatkan sektor pertanian bisa menjadi peluang usaha untuk meningkatkan ekonomi.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mendorong generasi muda Kaltim untuk memanfaatkan sektor pertanian ini sebagai sumber wirausaha.

Dia menilai, pertanian tidak hanya sebatas menanam tanaman, melainkan juga memiliki prospek bisnis yang luas.

“Pertanian merupakan sektor penting yang dapat memperkuat ketahanan pangan dan ekonomi daerah. Karena itu, kita perlu mengubah cara pandang kita terhadap pertanian. Ini adalah bidang yang menyediakan banyak kesempatan wirausaha, baik di bidang agribisnis maupun agroindustri,” ujarnya.

Samsun menyebutkan, pemerintah dan instansi terkait di Kaltim telah berusaha menciptakan iklim yang kondusif bagi wirausaha pertanian. Caranya dengan memberikan bimbingan, pendampingan, jaminan harga, perlindungan panen, dan bantuan dana bagi para pemula.

“Dengan dukungan ini, saya yakin generasi muda Kaltim dapat mengembangkan usaha pertanian mereka sendiri dan membuka lapangan kerja bagi orang lain. Pendapatan dari wirausaha pertanian bisa lebih besar dari gaji bulanan di perusahaan. Ini adalah solusi masa depan untuk Kaltim,” katanya.

Samsun adalah anggota dewan dari dapil Kukar yang juga terkenal sebagai daerah produsen batu bara. Ia berharap, dengan majunya wirausaha pertanian, Kaltim dapat mengurangi ketergantungan pada sektor tambang dan beralih ke sektor yang lebih bersahabat dengan lingkungan.

“Tentu kita mendorong kaum milenial kita untuk bisa memanfaatkan sektor pertanian ini, apalagi saat ini Kaltim menjadi IKN. Sehingga kebutuhan pangan juga akan berdampak, peningkatan bahan pangan akan bertambah. Makanya kita dorong pemuda untuk memanfaatkan ini dengan baik, ” pungkasnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!