MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Memasuki pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 pada pemilihan serentak nanti, berbagai upaya dilakukan partai politik untuk mendapatkan simpati dan dukungan masyarakat.

Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Markaca mengingatkan kepada masyarakat mengenai pentingnya kehati-hatian, serta pemilihan pemimpin yang selektif.

Dia menyebut, berbagai upaya bisa saja dilakukan oleh setiap Caleg untuk mendapat dukungan. Diantaranya dengan money politik.

Namun kepada masyarakat, dia memperingatkan tentang bahaya dan risiko praktik politik uang menjelang pesta demokrasi.

“Makanya saya meminta warga harus tetap waspada menjelang Pileg ini dan hindari godaan janji-janji yang mungkin hanya akan mengecewakan. Pilihlah seseorang yang berada di sekitar kita, karena yang dapat diandalkan adalah sosok yang paling dekat dengan kita,” ujarnya.

Dalam upaya menghindari kesalahan dalam memilih calon legislator, Markaca meminta masyarakat untuk memilih kandidat yang memiliki ikatan dengan wilayah atau lingkungan terdekat. Dia yakin bahwa sosok yang dikenal secara luas memiliki potensi lebih besar untuk membangun keterwakilan yang efektif.

Menurutnya, kapasitas dan keterlibatan sosial dalam masyarakat menjadi faktor kunci dalam memilih calon yang dapat benar-benar mewakili kepentingan rakyat.

“Sebenarnya kita bisa menyadari, apa yang kita harapkan? Kebutuhan rakyat bisa didengar ketika kita memilih seseorang yang berada dekat dengan kita. Terkadang ada janji dari tempat yang jauh, tapi kita tidak kenal sosoknya karena tidak dekat dengan kita. Bayangkan bagaimana kita bisa membangun jika tidak ada kedekatan,” katanya.

Meskipun demikian, ia juga mengajak calon legislator untuk benar-benar memenuhi tanggung jawab mereka dengan baik jika terpilih nanti.

“Itu yang perlu diperhatikan, kalau berminat menjadi wakil rakyat, yang terpenting adalah keterlibatan sosial dalam masyarakat,” pungkasnya. (Koko/M. Jay/Adv/DPRD Samarinda)

Don`t copy text!