MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Markaca angkat suara terkait persoalan banyaknya sampah di sekitar Perumahan Handil Kopi Pelita IV, Kecamatan Sambutan.

Sebenarnya, terkait penyebab banyaknya sampah di sekitar perumahan tersebut dikarenakan minimnya tempat-tempat pembuangan sampah dan kalaupun ada lokasinya sangat jauh dari pemukiman warga, sehingga masih ada warga yang membuang sampah di sembarang tempat. Akibatnya, kondisi ini menyebabkan ketidaknyaman.

Markaca mengatakan, persoalan sampah menyangkut hajat hidup orang banyak. Yang mana ini juga akan berpengaruh pada kebersihan Kota Samarinda. Sehingga diperlukan penanganan serius dari pemerintah, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda.

Untuk itu, kepada OPD terkait, Markaca meminta akan segera menyikapi masalah tersebut, agar tidak terus berlanjut.
“Silahkan lapor ke saya kalau dari DLH tidak segera menangani,” tegasnya.

Dikatakannya, terkait persoalan sampah, harusnya tidak terus menerus dibiarkan oleh DLH Kota Samarinda. Sedangkan laporan yang ia terima, warga tidak memiliki Tempat Penampungan Sementara (TPS) di kawasan tersebut. Sementara, alternatif terdekat yaitu membuangnya langsung ke TPA Sambutan.

“Makanya ketika terjadi permasalahan, warga bisa lapor saja langsung, jadi apa yang terjadi di lapangan dapat langsung diselesaikan,” katanya.

Markaca mengimbau agar warga tak segan melapor ke DPRD Kota Samarinda, jika tak juga mendapat respon positif dari OPD terkait.

“Silahkan bersurat ke saya, lapor ke saya dan saya akan bawa langsung. Karena kalau tidak ada laporan yang resmi, masalah hanya akan berkutat di situ saja,” pungkasnya. (Koko/M. Jay/Adv/DPRD Samarinda)

Don`t copy text!