MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Agus Hari Kesuma, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim, menyoroti kebutuhan pemuda untuk memiliki pemahaman yang kuat terkait Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di tengah era digitalisasi.

Pria yang kerap disapa AHK itu menekankan perlunya memberdayakan pemuda agar dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

Hal ini menjadi sorotan kepala dispora tersebut juga dikarenakan Kaltim sesaat lagi akan menghadapi kedatangan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara.

“Kemajuan IPTEK memiliki peran kunci dalam meningkatkan sektor ekonomi, seperti dalam transaksi jual beli online,” beber AHK.

Ia menegaskan kebutuhan akan pemahaman IPTEK di kalangan pemuda. Baginya, pemahaman yang komprehensif terhadap teknologi akan memberikan pemuda peluang untuk berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi yang terus berlanjut.

Untuk itu, Dispora Kaltim berkomitmen memperkenalkan IPTEK kepada pemuda di Bumi Mulawarman dengan tujuan utama meningkatkan perekonomian di daerah.

AHK menyoroti bahwa pemakaian IPTEK dapat dilakukan dengan menggunakan gadget untuk mempromosikan produk usaha.

“Contohnya mencakup jual-beli online, membuka toko virtual, atau melakukan promosi melalui berbagai platform media sosial seperti WhatsApp, Telegram, dan sebagainya,” tuturnya.

Menurutnya, pemuda yang tidak memanfaatkan teknologi akan tertinggal dalam dinamika perkembangan zaman.

Dalam usahanya membentuk karakter pemuda agar familiar dengan IPTEK, AHK menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan sekali atau dua kali, melainkan secara berkelanjutan setiap tahun.

“Yang menguasai informasi akan memiliki keunggulan dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia,” tandasnya. (Lis/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!