MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di kawasan Jalan Senyiur 1 Gang Sukadamai 2 Blok B, Kelurahan Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang, Selasa siang (17/5/2022).

Akibat kejadian itu, sedikitnya tujuh unit bangunan yang berada di dua RT, yakni di RT 02 dan RT 04, ludes terbakar. Selain itu, dua unit bangunan rumah ikut terdampak.

Tidak hanya mengakibatkan banyaknya rumah warga terbakar, kejadian ini juga menyebabkan dua orang warga mengalami luka ringan.

Keterangan yang dihimpun Mediaborneo.net dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda, kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 12.20 Wita. Dugaan sementara, penyebab asal api berasal dari salah satu petak rumah bangsalan yang terbakar.

Kondisi bangunan rumah yang saling berdempetan dan mayoritas berbahan kayu, menyebabkan api dengan mudah merembet dari satu bangunan ke bangunan lainnya.

Sementara itu, gabungan petugas pemadam kebakaran yang berada di lokasi kejadian juga mengalami kesulitan untuk mencapai titik api, lantaran akses masuk yang sempit.

Namun begitu, petugas tetap berupaya melakukan pemadaman. Akhirnya sekitar lebih dari satu jam, api berhasil dipadamkan.

“Akibat kebakaran ini, 7 bangunan terbakar. Rinciannya, RT 02 ada 1 rumah tunggal, di RT 04 ada 5 rumah tunggal dan 1 rumah petak 2 pintu. Selain itu, 2 rumah ikut terdampak. Kejadian ini juga mengakibatkan 2 orang mengalami luka ringan. Penghuni yang menjadi korban ada 8 KK atau 38 jiwa. Untuk kepastiannya mengenai penyebab kebakaran, masih diselidiki pihak kepolisian,” beber staf Disdamkar Samarinda Sunardi Siman, Selasa siang.

“Kendala kami di lapangan, akses menuju titik TKP sempit dan kawasan padat penduduk dengan mayoritas bangunan berbahan kayu,” imbuhnya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

 

Don`t copy text!