MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda Jasno menyampaikan keprihatinannya atas banyaknya musibah kebakaran yang terjadi di Samarinda.

Dikatakannya, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kebakaran, salah satu diantaranya karena semrawutnya instalasi listrik.

Dari laporan yang diterima dari pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Kepolisian, mayoritas penyebab kebakaran dikarenakan adanya korsleting listrik.

“Hampir 70 persen dari korsleting listrik. Kami harap PLN juga bisa mengimbau masyarakat akan pentingnya pengecekan instalasi listrik di rumah-rumah,” ujarnya.

Menurut Jasno, untuk pemasangan instalasi listrik di rumah-rumah saat ini banyak dilakukan oleh bukan ahlinya, sehingga membahayakan.

“Saya banyak melihat dari tenaga-tenaga yang bukan dari PLN yang memasang instalasi, sehingga mengakibatkan sering terjadinya korsleting listrik. Terlebih di kawasan padat penduduk, banyak kabel telanjang berseliweran, sehingga perlu penertiban dan penataan ulang,” katanya.

Jasno mengimbau, agar masyarakat secara berkala melakukan pengecekan instalasi listrik di rumah. Bahkan jika perlu meminta petugas PLN untuk melakukan pemeriksaan.

“Sehingga kebakaran yang diakibatkan dari korsleting listrik itu bisa dihindarkan,” pesannya. (Adv/Koko/Oen)

Don`t copy text!