MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berencana akan melakukan pemekaran beberapa RT di wilayahnya.

Bukan tanpa sebab rencana tersebut digulirkan, lantaran jumlah penduduk di tiap RT sudah melebihi standar yang ditetapkan.

Lurah Melayu, Aditiya Rakhman mengatakan, pemekaran RT akan dilakukan di RT 35 di Jalan Gunung Pegat dan RT 29 di Jalan Danau Aji. Kedua RT tersebut memiliki jumlah Kartu Keluarga (KK) lebih dari 100, padahal standar satu RT hanya 50 KK.

“Kami sudah mengusulkan rencana pemekaran ini ke pemerintah Kecamatan Tenggarong dan dinas terkait. Dan di RT 35 sudah dirapatkan,” katanya, Jumat (27/10/2023).

Menurut Aditiya, pemekaran RT tidak hanya berkaitan dengan administrasi, namun bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Saat ini, Pemkab Kukar sedang menjalankan program bantuan Rp 50 juta per RT, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

“Kami harus mencari solusi untuk RT yang baru dibentuk nanti, agar bisa mendapatkan bantuan Rp 50 juta dari Pemkab Kukar,” ujarnya.

Dikatakan Aditiya, pihaknya juga akan memberikan layanan bantuan kepada masyarakat di RT baru. Khususnya layanan tentang pemindahan alamat RT di KTP dan KK.

“Warga masih terkendala bagaimana nanti cara merubah KTP, KK dan lain-lain ketika pindah RT,” tandasnya. (Han/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!