MEDIABORNEO.NET, BONTANG– Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim melaksanakan sosialisasi Pemberdayaan Karang Taruna Pemuda se-Kaltim di Kota Bontang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi diri anggota maupun organisasi untuk dapat berkiprah lebih jauh di masyarakat.

“Pemberdayaan karang taruna sangat diperlukan, terutama sebagai penggerak di berbagai lini kehidupan dengan pengembangan potensi yang dimiliki,” ucap Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma diwakili Hasbar, selaku Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pemberdayaan, saat membuka Sosalisasi Pemberdayaan Karang Taruna Pemuda di Bontang, Rabu, (8/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Dinas Sosial Provinsi Kaltim Muhammad Fariddillah, Dinas Sosial Kota Bontang Ariyanto, Dispopar Kota Bontang Ismid Rinjani, dan Karang Taruna masing-masing kecamatan di kabupaten/kota.

Hasbar berharap, melalui kegiatan tersebut dapat mengembalikan semangat karang taruna di Kalimantan Timur, agar turut berperan aktif dalam kegiatan kepemudaan mendatang.

Menurut dia, perlu dilakukan karena tantangan ke depan tidak sama dengan saat ini, namun lebih berat dan lebih ketat, karena jumlah penduduk terus bertambah, bukan saja pertambahan dari dalam daerah, tetapi juga adanya penambahan penduduk dari luar daerah yang menfadu nasib ke Kaltim.

Hal ini terjadi karena Provinsi Kaltim telah ditetapkan sebagai lokasinya pindahnya Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga bisa dipastikan makin banyak pendatang yang ingin bekerja di kawasan IKN dan daerah penyangganya.

Daerah penyangga IKN, lanjut dia, tersebar di seluruh Provinsi Kaltim seperti Balikpapan, Samarinda, Bontang, dan sekitarnya, bahkan hingga ke Kabupaten Berau yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Utara.

Sedang fungsi karang taruna antara lain sebagai penyelenggara usaha kesejahteraan sosial, penyelenggara pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat, penyelenggara pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda di lingkungannya secara komprehensif, terarah dan dilakukan secara berkesinambungan.

“Untuk itu, melalui sosialisasi ini diharapkan pengurus dan anggota karang taruna makin terpacu semangatnya dalam mengembangkan potensi di berbagai hal, baik bidang kewirausahaan, pertanian dalam arti luas, penumbuhan semangat kebersamaan, kesetiakawanan sosial, dan memperkuat nilai kearifan lokal dalam bingkai NKRI,” pungkasnya. (Gfr/M. Jay/Adv/Dispora Kaltim)

Don`t copy text!