MEDIABORNEO.NET, PALEMBANG – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang dilaksanakan di Hotel Emilia, Palembang, Kamis (13/4/2023).

Kegiatan Rakor tersebut digagas oleh Arsip Nasional RI (ANRI) dalam rangka menyambut peringatan Hari Kearsipan ke-52 tahun 2023 dan dibuka secara resmi oleh Kepala ANRI Imam Gunarto.

Rakor membahas mengenai penyusunan program kerja dan operasional Asosiasi Kepala LKD se-Indonesia. Selain itu, penetapan Kota Banyuwangi sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Kearsipan ke-52 tahun 2023.

Kepala ANRI Imam Gunarto dalam sambutannya juga sempat membahas mengenai implementasi aplikasi SRIKANDI yang terus digencarkan untuk digunakan di seluruh OPD, baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Aplikasi ini diharapkan benar-benar terlaksana di tahun 2024 mendatang.

Selain itu, Imam Gunarto mengingatkan, pada bidang kearsipan, masih banyak PR yang harus dituntaskan melalui berbagai program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Diantaranya terkait dengan penerapan dan sosialisasi peraturan kode klasifikasi arsip Permendagri Nomor 88 Tahun 2022.

Terpisah, ditemui usai kegiatan RAkor, Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, kegiatan Rakor tersebut sebagai wadah silaturahmi dan berdiskusi seluruh Kepala DPK se-Indonesia.

“Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat menguatkan kearsipan untuk semakin ditingkatkan kinerjanya. Jangan sampai arsip ini dipandang sebelah mata. Banyak kasus yang diselamatkan atas tersimpannya arsip. Ini sebagai bukti arsip dapat melindungi diri dan lembaga dari bahaya,” ujarnya.

Dia menambahkan, sosialisasi penerapan aplikasi SRIKANDI di Kaltim akan terus digencarkan di seluruh lingkungan OPD, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Semoga tidak hanya menjadi perencanaan, namun arsip akan selalu menciptakan realisasi bagi seluruh masyarakat,” imbuhnya. (Adv DPK Kaltim/M Jay)

Don`t copy text!