MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Samarinda Fahruddin mendukung rencana penerapan parkir nontunai, yang akan diberlakukan di seluruh pusat perbelanjaan yang ada di Samarinda, sejak 2023 ini.

“Kota Samarinda sebagai Kota Peradaban menuju Smartcity, jadi semua kita dukung,” ujarnya, ditemui usai mengikuti rapat koordinasi terkait penerapan parkir nontunai di pusat perbelanjaan Samarinda, Jumat (13/1/2023).

Dikatakannya, banyak alasan untuk mendukung penerapan parkir nontunai tersebut.

“Pertama, untuk mengurangi kebocoran dalam pelaporan kas daerah. Kedua, membiasakan masyarakat untuk menggunakan nontunai. Jadi kita suport apa yang dilakukan Dinas Perhubungan terhadap semua pengelolaan parkir nontunai, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda Hotmarulitua Manalu menjelaskan, sosialisasi parkir nontunai sudah dilakukan sejak tahun 2022 lalu dan mulai diberlakukan di beberapa kantong parkir di Samarinda.

Dengan diterapkan parkir nontunai, kata dia, maka selain untuk menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD), menertibkan kantong-kantong parkir dan mengurangi tingkat penggunaan kendaraan pribadi di Samarinda.

“Ke depan tentunya akan kita terapkan di seluruh wilayah Samarinda secara bertahap, karena untuk sementara ini akan diterapkan di pusat perbelanjaan dulu, ” katanyanya pada awak media.

Dirinya berharap agar masyarakat Samarinda dapat mendukung penerapan parkir nontunai tersebut untuk dapat terealisasi.

“Kami sangat berharap masyarakat dapat mendukung program ini. Karena ini penggunaannya sangat mudah,” imbuhnya. (Adv/Koko)

Don`t copy text!