MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim rutin memberikan layanan perpustakaan keliling. Tidak hanya menyasar ke sekolah, taman bermain, tapi juga layanan perpustakaan keliling ini direncakan akan kembali dibuka setiap hari Minggu di Gelora Kadrie Oening Sempaja.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, layanan perpustakaan dengan armada mobil keliling masih menjadi salah satu program DPK Kaltim yang masih kontinyu berjalan hingga saat ini. Kendati sempat dihentikan saat pandemi COVID-19 lalu, namun sejak beberapa bulan silam aktivitas kegiatan layanan perpustakaan keliling kembali diefektifkan.

Menurutnya, animo masyarakat untuk membaca melalui layanan perpustakaan keliling sangat tinggi, sehingga sering kali banyak permintaan diajukan untuk membuka layanan di beberapa tempat, seperti sekolah, tanam bermain, panti asuhan dan sebagainya.

“Kami tetap melaksanakan setiap awal pekan untuk layanan mobil perpustakaan keliling, kami ada di lapangan. Misalnya di Lapas, Panti Sosoal dan masih banyak lagi, itu terus berjalan.

“Kami berencana membuka layanan perpustakaan keliling kembali di acara kuliner yang berlangsung setiap hari Minggu di Gelora Kadrie Oening Sempaja. Termasuk di Taman Cerdas, karena minat anak-anak sangat tinggi sekali, makanya kami akan hadir lagi di sana,” sambung pria yang karib disapa Ivan ini.

Untuk dapat memaksimalkan kegiatannya, DPK Kaltim, lanjutnya, akan menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, yang dalam hal ini adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda untuk memberikan layanan perpustakaan keliling di Samarinda.

“Nantinya kami akan bersinergi dengan Pemkot. Jadi, misalnya kalau Pemkot membuka layanan perpustakaan keliling di hari Rabu, maka kami hari Senin, sehingga frekuensi layanan bertambah,” pungkasnya. (Adv66/Koko/Oen)

Don`t copy text!