MEDIABORNEO.NET, BERAU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau menggelar Lomba Bertutur Tingkat Sekolah Dasar (SD), yang dilaksanakan di gedung Dispusip Berau, Selasa (13/6/2023).

Kegiatan lomba ini digagas oleh Sahabat Literasi Kabupaten Berau yang terdiri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau, Ikatan Pustakawan Kabupaten Berau dan perangkat terkait.

Mewakili Bupati Berau, Asisten III BIdang Administrasi Umum Setkab Berau, Maulidiyah secara resmi membuka kegiatan Lomba Bertutur Tingkat SD tersebut.

Dalam sambutan Bupati Berau yang dibacakan Asisten III Setkab Berau, Maulidiyah menyampaikan, kegiatan lomba menjadi upaya untuk meningkatkan apresiasi terhadap seni budaya daerah, serta mendukung pengembangan kegiatan literasi di kalangan masyarakat Berau.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Berau mengucapkan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap pengurus organisasi Sahabat Literasi Kabupaten Berau (SLKB) atas terselenggaranya kegiatan ini,” ucapnya.

Bupati Berau juga menyampaikan apresiasinya atas prestasi perpustakaan di Berau yang berhasil mendapatkan akreditas dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

“Kita patut bangga, karena peprpustakaan Kabupaten Berau, baik sekolah maupun kampung telah berhasil meraih akreditasi perpustakaan terbanyak se-Kalimantan Timur dari Perpusnas. Selain itu perpustakaan di Kabupaten Berau juga menjadi yang terbaik dalam melaksanakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial se-Kaltim. Ini sangat membahagiakan, sekaligus membanggakan,” katanya.

Dengan akreditasi yang diterima, lanjut Bupati Berau, menujukkan konsistensi Kabupaten Berau untuk menghadirkan perpustakaan di tengah masyarakat secara keseluruhan.

“Bukan hanya dari sisi penyediaan buku dan fasilitas, tapi juga memberdayakan masyarakat melalui membaca dan mempraktikkan bahan bacaan, sehingga meningkatkan kecakapan hidup untuk kesejahtraan,” tutupnya.

Masih dalam rangkaian acara, Asisten III Setkab Berau juga menyerahkan sebanyak 14 sertifikat akreditas kepada 12 perwakilan sekolah dan 2 perwakilan kampung, sekaligus menyerahkan bantuan 4 unit perangkat Buncu Baca Etam dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim. (Adv DPK Kaltim/Oen/M Jay)

Don`t copy text!