MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim M Udin meminta Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik untuk segera melakukan evaluasi terhadap kinerja Kepala Dinas dari 23 OPD di lingkupnya. Yang mana, OPD-OPD ini memiliki serapan anggaran masih rendah.

Bahkan, M Udin menegaskan, jika perlu jabatan sejumlah Kepala Dinas dari OPD yang mendapatkaan rapor merah, bisa dilakukan rotasi atau pergantian jabatan.

“Ini berkaitan dengan percepatan pembangunan yang harus tuntas hingga 2024,” katanya, Senin (13/11/2023).

Menurut dia, rendahnya serapan APBD Kaltim kepada 23 OPD tersebut menunjukkan adanya ketidakseriusan dalam menjalankan program dan kegiatan yang telah direncanakan.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi ini, karena berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kami juga mempertanyakan komitmen dan loyalitas kepala dinas terhadap Pj Gubernur Kaltim yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada mereka,” ujarnya.

Dia menegaskan, pihaknya di Komisi III DPRD Kaltim akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, khususnya yang berkaitan dengan bidang perekonomian, keuangan, dan pembangunan.

M Udin meminta OPD yang serapan anggarannya rendah untuk segera memperbaiki kinerja mereka, karena anggaran tersebut merupakan uang rakyat yang harus digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, OPD yang serapan anggarannya rendah harus segera melakukan evaluasi dan introspeksi diri, serta mengambil langkah-langkah konkrit untuk mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanakan.

“Jangan sampai ada OPD yang menumpuk anggaran di akhir tahun dan melakukan pengeluaran yang tidak efisien dan efektif. Ini akan merugikan rakyat dan negara. Kami akan terus mengawasi dan mengontrol kinerja OPD agar anggaran dapat terserap dengan baik,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga mengapresiasi OPD yang telah menunjukkan kinerja yang baik dan serapan anggaran yang tinggi. Ia berharap OPD tersebut dapat menjadi contoh dan motivasi bagi OPD lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada OPD yang telah bekerja keras dan profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kami berharap OPD tersebut dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Pj Gubernur Kaltim diharapkan dapat segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki kinerja OPD yang bermasalah.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh OPD untuk bekerja lebih profesional, transparan, dan akuntabel dalam mengelola anggaran daerah,” pungkasnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!