MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Penguatan terus dilakukan diberbagai sektor, salah satunya dari sisi peralatan pertanian guna mempermudah petani dalam beraktivitas.

43 Kelompok tani se Kecamatan Samboja Barat dan Kecamatan Samboja mendapat bantuan peralatan pertanian yang di serahkan langsung oleh Wabup Kukar Rendi Solihin, Senin (13/11/2023).

Adapun Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) penerima bantuan tersebut diantaranya Gapoktan Bina Tani, Gapoktan Tani Merdeka, Gapoktan Harapan Jaya, Gapoktan Karya Ambalat, Gapoktan Mandiri, Gapoktan Tumbuh Sejahtera, serta Gapoktan Mekar Jaya.

H Rendi Solihin mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat memahami kebutuhan para petani yang ada di Kabupaten Kukar,

“Ada tiga kebutuhan khusus yang menjadi prioritas diantaranya infrastruktur pertanian seperti jalan usaha tani dan embung, pupuk, serta Alsintan,” kata Rendi.

Ia menyebutkan bahwa yang menjadi kebutuhan prioritas tersebut satu per satu sudah mulai terpenuhi secara bertahap.

Kata dia, mengapa Pemerintah Daerah Kabupaten Kukar memilih salah satu bantuan yang diberikan kepada para petani berupa alsintan. Menurutnya karena jumlah petani aktif di Kukar rata-rata berusia lanjut, sehingga harapannya ke depan dengan adanya bantuan peralatan tersebut akan mempermudah aktivitas pertanian di Samboja.

Dipilihnya sektor pertanian, lanjut dia, tidak lain karena ke depan sumber daya alam yang dimiliki oleh Kukar seperti gas, minyak bumi, dan batu bara akan habis pada waktunya.

“Kita prioritaskan sektor pertanian, karena ke depannya sektor pertanian akan menjadi pengganti penopang perekonomian di Kabupaten Kukar,” ungkapnya.

Rendi menuturkan, bahwa sektor pertanian yang memiliki prospek sangat menjanjikan, ia mengajak anak-anak muda Kukar untuk terjun langsung ke dunia pertanian.

“Karena sektor pertanian nanti bisa menjadi salah satu pekerjaan atau profesi yang sangat menjanjikan,” ucapnya.

Ia berharap, alat yang diserahkan tersebut bisa digunakan sebagai mana mestinya untuk menunjang produktivitas dan peningkatan sektor pertanian yang ada khususnya yang berada di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Samboja Barat. (Aan/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!