MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Seno Aji mengatakan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat memberikan dampak positif bagi daerah penyangga di sekitar IKN. Pembangunan IKN saat ini telah berproses, diharapkan dapat menjadi momentum pemulihan ekonomi di Kaltim.

Kata Seno Aji, pembangunan IKN hendaknya juga melibatkan masyarakat Kaltim. Termasuk pengusaha konstruksi asal Kaltim.
“Adanya pembangunan IKN juga bisa memberikan dampak positif untuk daerah penyangga di sekitar IKN. Tapi, pelaku usaha bidang konstruksi juga harus jadi perhatian,” katanya.

Dikatakannya, salah satu cara untuk memaksimalkan dampak positif pembangunan IKN bagi Kaltim adalah dengan melibatkan pelaku usaha lokal dalam pembangunan IKN. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui skema kerja sama operasi (KSO) antara BUMN dan perusahaan lokal.

“Dengan kerja sama itu, perusahaan konstruksi di Kaltim punya kesempatan untuk sama-sama membangun IKN. Dampaknya, banyak kelompok masyarakat Kaltim yang diberdayakan membangun IKN. Kami di Kaltim tentu ingin turut serta memberikan kontribusi bagi pembangunan negeri,” ucapnya.

Seno Aji juga menambahkan, kerja sama operasi tersebut, bisa dipercayakan kepada kontraktor lokal untuk proyek dengan nilai di bawah Rp100 miliar. Kategorisasi itu sesuai dengan kemampuan keuangan kontraktor daerah.

“Keikutsertaan dan kontribusi perusahaan lokal daerah dalam pembangunan IKN menjadi nilai pembangunan ibu kota baru itu di Kaltim, karena meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal,” imbuhnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!