MEDIABORNEO.NET, NUSANTARA – Para pekerja pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) rentang dari ancaman virus COVID-19, untuk itu Otorita IKN mengadakan kegiatan imunisasi COVID-19 selama dua hari, yakni Jumat hingga Sabtu, di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), Nusantara.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kedeputian Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat (Sosbudpemas) Otorita IKN Direktorat Pelayanan Dasar ini juga menggandeng Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Rakyat Indonesia (BRI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara (PPU), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Sepaku, Bio Farma, Rumah Sakit (RS), RS Abdi Waluyo, RS Hermina, RS Mayapada, dan Klinik Panacea.

“Inisiasi kegiatan ini sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di kalangan pekerja dan karyawan di Wilayah IKN,” ujar Deputi Bidang Sosbudpemas Otorita IKN, Alimuddin kepada awak media disela-sela kegiatan.

Ia menegaskan, Otorita IKN tidak ingin nantinya ketika pekerjaan konstruksi sedang sibuk-sibuknya, ada pekerja yang terjangkit COVID-19. Oleh karena itu, langkah pencegahan seperti imunisasi COVID-19 ini dilakukan, agar kedepannya tidak ada hambatan dalam pembangunan konstruksi di IKN.

Selain itu, tambah Alimuddin, nantinya klinik-klinik di sekitar IKN akan melakukan imunisasi serta vaksinasi serupa secara rutin, sehingga warga sekitar juga mendapat pelayanan kesehatan yang terbaik.

Ditempat sama Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito menerangkan, produktivitas serta kelancaran para pekerja konstruksi untuk menjalankan tugasnya menjadi prioritas kegiatan ini.

Sejumlah 1.500 dosis vaksin yang didapatkan pihaknya akan diberikan kepada para pekerja sebagai prioritas pihaknya, sehingga para pekerja konstruksi dapat terhindar dari virus COVID-19 itu.

“Selain para pekerja, kami juga memberikan vaksin itu kepada karyawan yang bekerja di HPK. Karena mereka memiliki tingkat kerawanan penularan yang sama,” sebut Suwito.

Sementara itu, Marketing BRI Cabang Ahmad Yani, Marisa, memberikan mengapresiasi terhadap kegiatan ini. Apalagi pihaknya telah lama bermitra dengan Otorita IKN serta dekat dengan sejumlah perusahaan kesehatan.

“Kami memilih untuk menggelontorkan CSR kami pada kegiatan ini, karena kami memang telah lama bermitra dengan Otorita IKN dan kami dekat dengan beberapa perusahaan kesehatan,” ungkap Marisa.

Seorang pekerja pembangunan konstruksi IKN juga peserta imunisasi bernama Ardi, mengaku sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan ini, karena membawa manfaat bagi kesehatannya.

“Saya senang karena sebelumnya masih vaksin COVID -19 jenis booster pertama dan dapat info kalau vaksinasi itu berbayar, sehingga kesempatan untuk mendapatkan vaksin gratis tidak saya lewatkan dengan datang ke HPK ini, selain juga penting agar melindungi kesehatan saya, ” tandasnya.

Editor : M Jay

Don`t copy text!