MEDIABORNEO.NET, JAKARTA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim hadir pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan yang dilaksanakan sejak tanggal 6 hingga 7 Maret 2023, di Hotel Pullman, Jakarta Barat.

Rombongan DPK Kaltim dipimpin oleh Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin diikuti Kepala BP3KM DPK Kaltim Taufik dan Kepala Bidang Deposit, Pelestarian, Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan DPK Kaltim Endang Effendi.

Rakornas Bidang Perpustakaan tersebut dihadiri sebanyak 915 peserta, berasal dari perwakilan masyarakat berbagai latar belakang seperti, Forum Perpustakaan Umum, Forum Perpustakaan Khusus, Forum Perpustakaan Sekolah, Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi, Dinas Perpustakaan Provinsi/Kota/Kabupaten, hingga Perpustakaan Kecamatan dan Desa, serta pegiat literasi se-Indonesia.

Rakornas Bidang Perpustakaan dilaksanakan dalam rangka menyatukan visi yang sama, dalam rangka memperkuat transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagai solusi dalam pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang hadir sebagai salah satu pembicara dalam Rakornas Bidang Perpustakaan menyampaikan, bahwa perpustakaan dinilai menjadi tempat mengembangkan daya terampil masyarakat.

“Perpustakaan dituntut untuk memiliki inovasi, kreativitas, serta rancangan dan interaktivitas untuk merubah pola pikir dalam membangun perpustakaan menjadi sektor pendukung, serta mampu memberikan solusi dalam rangka pemulihan ekonomi,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda turut menyoroti mengenai minimnya tenaga Pustawakan di Indonesia. Untuk itu, kata dia, DPR RI turut berkomitmen untuk memperjuangkan rekrutmen tenaga Pustakawan di seluruh Indonesia.

“Tenaga Pustawakan di Indonesia hanya 192.844, sehingga ini masih menjadi tugas rumah yang harus diselesaikan bersama,” katanya.

Di akhir kegiatan Rakornas Bidang Perpustakaan, ditutup dengan pembacaan rekomendasi Rakornas oleh Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Ofy Sofiana. (Adv DPK Kaltim/Oen/M Jay)

Share
Don`t copy text!