MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – SMK Negeri 1 Samarinda memiliki perpustakaan dengan jumlah ribuan koleksi judul buku. Mulai dari buku pelajaran hingga koleksi novel. Perpustakaan di sekolah ini juga melayani peminjaman buku.

Koordinator Perpustakaan SMK Negeri 1 Samarinda Hardiana Lundi Sari mengatakan, siswa dan siswi sangat antusias dengan adanya perpustakaan. Biasanya, kata dia, siswa sering berkunjung ketika jam istirahat ataupun ketika jam pelajaran kosong.

“Banyak peminatnya, apalagi kalau tidak ada guru di kelas, biasanya mereka ke sini. Atau biasanya siswa yang ketika di kelasnya sedang ada pelajaran Agama Islam, siswa datang ke sini belajarnya,” ujarnya pada media ini.

Menurut Lundi, SMK Negeri 1 memiliki bangunan khusus untuk perpustakaan yang terdiri dari dua lantai. Seluruh ruangan tersebut dipenuhi dengan ribuan koleksi buku-buku berbagai judul.

Masih kata dia, karena terlalu banyaknya buku-buku, biasanya untuk buku-buku edisi lama akan disimpan dan ditempatkan di ruangan khusus.

Pihak sekolah sendiri sebenarnya sudah pernah merencanakan untuk pemusnahan buku-buku “tua” tersebut, namun sampai saat ini belum dapat terlaksana.

“Buku lama itu kita simpan di gudang, kalau mau dimusnahkan belum berani, belum ada perintah, jadi kami simpan di gudang. Karena prosedurnya agak susah, terlalu ribet kalau untuk pemusnaahannya,” terangnya.

“Cuma sudah ada rencana, tapi kemarin sudah ada edaran ke Kepala Sekolah, yaitu surat edaran dari Dinas atau Gubernur langsung, cuma belum kita laksanakan. Kami masih mengurus buku yang datang, karena harus segera dibagikan ke siswa. Di sini ada buku yang dipinjamkan ke siswa, nanti kalau selesai kenaikan kelas dikembalikan untuk dilanjutkan ke adik kelasnya,” tutupnya. (Adv36/Koko/Oen)

Don`t copy text!