MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sri Puji Astuti berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda memberikan perhatian untuk perkembangan National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kota Samarinda dan seluruh atlet yang tergabung di dalamnya.

Karena kata dia, berdasarkan hasil pertemuan yang digelar oleh Komisi IV DPRD Samarinda dengan NPCI Kota Samarinda beberapa hari kemarin diketahui, bahwa organisasi tersebut membutuhkan support anggaran untuk keberlangsungannya. Mengingat, banyak atlet-atlet penyandang disabilitas bertalenta ada di dalamnya.

Menurut Puji Astuti, banyak organisasi tumbuh di Kota Samarinda. Namun dirinya meminta agar Pemkot juga memberikan perhatian lebih, apalagi organisasi tersebut menyumbangkan prestasi untuk Kota Samarinda.

“Mereka (atlet di bawah naungan NPCI Samarinda, red) dituntut menjadi menjadi juara oleh Wali Kota, tapi perhatian yang diberikan minim. Saat ini atlet-atlet sedang berlatih untuk persiapan event ke provinsi, tapi di sini akhirnya kita tahu bahwa perhatian pemerintah terhadap teman-teman difabel ini kurang maksimal,” ujarnya.

Dikatakannya, kaum disabilitas memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya. Bahkan saat ini Perdanya terus digodok.

“Ketika mereka juara, yang bangga siapa? Kota Samarinda juga kan. Tapi sekarang, bagaimana kita memaksimalkan peran, serta atensi dari Pemkot terhadap teman-teman difabel,” ujarnya.

Menurut Puji Astuti, pihaknya juga telah meminta kepada pengurus NPCI Kota Samarinda untuk mengajukan proposal terkait kebutuhan yang diperlukan kepada Pemkot Samarinda. DPRD Samarinda pun, lanjut dia, memastikan akan mengakomodir aspirasi dari NPCI untuk keberlangsungan organisasi tersebut, dalam rangka mengharumkan nama Kota Samarinda.

“Alhamdulillah mereka sudah mengusulkan proposal, mudah-mudahan nanti alokasi anggaran di APBD Perubahan ini. Nanti kita bisa anggarkan, karena NPCI ini berada di bawah naungan Disporapar, tentunya mereka menjadi mitra kerja kami juga,” imbuhnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!