MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim, Sutomo Jabir meminta kepada seluruh masyarakat untuk memperhatikan dan menjaga danau.

Dikatakannya, danau memiliki fungsi yang sangat besar serta manfaatnya yang sangat banyak, baik untuk pengendali banjir, cadangan air bersih, untuk pengairan, bahkan untuk budi daya ikan.

Dia menyebut, pihaknya mengunjungi salah satu danau yang ada di Kecamatan Muara Bengkal, Kabupaten Kutai Timur, yakni Danau Gelombang. Sutomo Jabir memberikan apresiasinya kepada masyarakat setempat yang mampu menjaga danau tersebut.

“Jujur saya sangat mengapresiasi para warga setempat yang mau turut menjaga danau itu, dan memanfaatkannya dengan baik. Salah satunya di manfaatkan untuk menumbuhkan ekonomi desa setempat, sebagai sumber pengairan pertanian dan dijadikan keramba ikan,” ungkapnya.

Habitat asli berbagai jenis ikan lokal yang tumbuh di sana, lanjut Sutomo Jabir, antara lain ikan papuyu, ikan sepat, dan ikan gabus. Tiga spesies ikan ini merupakan ikan liar yang dari awal sudah ada di danau itu, sementara yang dipelihara dalam keramba, disesuaikan dengan minat warga dan sesuai dengan kondisi air danau.

“Kita harus lestarikan danau ini supaya tidak punah. Saat ini Danau Gelombang belum tercatat di peta Provinsi Kaltim meski faktanya ada, jadi danau ini harus tetap ada, tidak boleh hilang oleh pembangunan, karena manfaatnya sangat besar sebagai daerah resapan air pengendali banjir dan fungsi ekonomi,” tandasnya. (Hk/M.jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!