MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim kembali mengaktifkan layanan Perpustakaan Keliling (PusLing) ke sejumlah tempat di Kota Samarinda secara begiliran.

Langkah ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat.

Sejak awal Juni 2023 ini, layanan PusLing DPK Kaltim mulai menyusun jadwal layanan dan mengunjungi beberapa tempat di setiap pekan pertama dan pekan kedua setiap bulan. Diantara nya mengunjungi panti sosial dan lembaga Pemasyarakatan.

Armada PusLing DPK Kaltim juga dilengkapi dengan koleksi buku-buku yang lumayan lengkap, walaupun jumlahnya memang terbatas. Biasanya, buku-buku yang dibawa berdasarkan permintaan.

Pada pekan pertama Juni 2023 ini, armada PusLing DPK Kaltim menyambangi Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma, Panti Sosial Asuhan Anak Harapan dan Panti Sosial Bina Remaja.

Untuk melaksanakan kegiatannya, DPK Kaltim menggunakan sistem drop book. Yakni dengan memberikan 100 judul buku pada masing-masing lembaga.

Petugas Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma, Supiannor mengapresiasi upaya yang dilakukan DPK Kaltim. Menurut dia, keberadaan PusLing tersebut sangat membantu anak-anak yang ada di panti.

“Anak-anak sering membaca dan belajar pada malam hari melalui buku-buku. Kami ingin mengembangkan berbagai usaha yang ilmunya bersumber dari buku-buku DPK Kaltim, ” katanya.

Di pantinya, anak-anak sangat menyukai buku-buku yang berkaitan dengan keterampilan. Sehingga Supiannor berharap, koleksi buku-buku keterampilan bisa lebih diperbanyak koleksi buku yang ada.

“Antusias anak-anak terbangun dengn adanya pembaharuan buku setiap bulan. Semoga DPK Kaltim bisa terus bermitra, ” tandasnya. (Adv DPK Kaltim/M Jay)

Don`t copy text!