MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Sejak memasuki bulan Ramadan hingga pertengahan ini kunjungan Pemustaka ke Perpustakaan Daerah Kaltim mengalami peningkatan.

Kepala Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama DPK Kaltim Mustika Wati menyebut, jumlah pengunjung perpustakaan sejak awal Ramadan hingga pertengahan Ramadan ini tercatat sebanyak 125.588 orang. Jumlah ini, kata dia mengalami peningkatan dibandingkan jumlah kunjungan hari-hari sebelumnya.

“Selama Ramadan pengunjung yang datang sekitar 50 hingga 200 orang per harinya. Tapi jumlah ini belum termasuk pengunjung perpustakaan yang masuk melalui aplikasi online kita dan jumlahnya ada kenaikan,” ujarnya.

Staf Layanan DPK Kaltim Dewiyanti mengatakan, sejak bulan puasa banyak orangtua yang mengajak anak-anaknya berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kaltim. Salah satu layanan yang paling banyak dikunjungi adalah ruang Layanan Anak.

“Kenaikan pengunjung dari berbagai latar belakang. Salah satunya orangtua yang banyak mengajak anaknya berkunjung ke sini,” katanya.

Sementara itu, lanjut dia, dari data kunjungan Perpustakaan Daerah Kaltim untuk mahasiswa mengalami penurunan.

“Satu minggu sebelum lebaran, pengunjung lebih banyak dibanding biasanya. Tetapi di saat yang bersamaan kuantitas mahasiswa yang berkunjung juga berkurang dan biasanya ketika menjelang lebaran berkurang, mungkin karena mahasiswa banyak pulang kampung halamannya,” katanya.

Kenaikan pengunjung merupakan bentuk kepercayaan masyarakat dengan fasilitas dan layanan DPK Kaltim yang mampu menunjang kebutuhan serta kegiatan mereka. Khususnya dalam mencari dan memperdalam ilmu melalui buku.

Sebagai informasi, selama bulan Ramadan, jadwal layanan Perpustakaan Daerah Kaltim mengalami perubahan. Untuk hari Senin hingga Kamis layanan dibuka sejak pukul 08.00 hingga 15.00 Wita, sedangkan Jumat dibuka mulai pukul 08.00 hingga 11.00 Wita. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Share
Don`t copy text!