MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Rusdi menilai, kemajuan teknologi digitalisasi saat ini berdampak pada meningkatnya literasi masyarakat.

Dikatakannya, masyarakat di zaman digital lebih banyak mencari informasi, membaca berita dan sebagainya melalui gadgetnya, walaupun masih ada yang tetap menggunakan cara-cara konvensional.

“Sekarang saya lihat orang belajar itu sudah tidak melalui satu perpustakaan, jarang sekali. Sekarang masyarakat sudah melalui media online, digital. Hanya melalui gadgetnya, dia sudah bisa membaca buku, membaca berita, mendapatkan semua informasi yang dibutuhkannya, karena memang digitalisasi ini sangat mudah dan cepat, praktis,” katanya.

Sehingga kata dia, jika ada penilaian khusus mengenai indeks tingkat literasi masyarakat yang diukur menggunakan servei membaca melalui digital, dia memastikan jumlahnya akan banyak.

“Karena memang untuk mengukur indeks literasi dari sisi digital melalui hasil surveinya mungkin belum ada. Tapi saya yakin, jika survei itu dilakukan, pasti indeksnya sangat tinggi,” katanya.

“Tapi kalau hasil survey mengambil sampel di perpustakaan bisa jadi indeknya menurun, tetapi secara umum sekarang sudah canggih,” pungkasnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Don`t copy text!