MEDIABORNEO.NET, KUTIM – Anggota DPRD Kaltim Agus Aras angkat suara terkait banyaknya keluhan warga yang bermukim di Jalan APT Pranoto, Sangatta terkait banjir yang selalu terjadi setiap kali hujan.

Demi mendengar langsung keluhan warga dan melihat bagaimana kondisi di lapangan, Agus Aras turun langsung menyambangi warga Jalan APT Pranoto, Sabtu (20/5/2023).

Menurut Legislator Karang Paci ini, dari hasil pembicaraan yang disampaikan warga adalah, banjir disebabkan karena buruknya drainase yang ada di sepanjang Jalan APT Pranoto. Dimana terdapat sumbatan-sumbatan pada drainase. Di saat hujan turun, drainase tak mampu menampung debit air hingga “memuntahkannya” ke jalan hingga pemukiman warga. Dampaknya, lambat laun akan merusak jalan yang ada karena selalu tergenang air.

“Karena ada sumbatan di beberapa titik drainase, hingga menyebabkan air tidak mengalir sempurna dan menyebabkan genangan di jalan utama dan jalan lingkungan warga, ” ujarnya.

Dikatakannya, akibat banjir, tidak hanya menggenangi jalan utama dan lingkungan warga, tetapi juga rumah-rumah warga sekitar Jalan APT Pranoto.

“Intinya warga meminta penanganan sistem drainase secara menyeluruh agar berfungsi dengan baik, ” katanya.

Agus Aras menyebut, sebenarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur melalui OPD terkaitnya langsung merespon keluhan warga. Bahkan alat berat turut diturunkan untuk membersihkan sumbatan yang ada pada drainase. Termasuk melakukan penelusuran titik-titik lokasi sumbatan.

“Dinas PU sudah merespon keluhan warga, dua alat berat juga sudah diturunkan. Mudah-mudahan penanganan yang ada bisa mengurangi dampak yang ada, ” ujarnya.

Atas upaya yang dilakukan Pemkab Kutim bersama OPD terkait, Agus Aras menyampaikan apresiasinya. Dirinya berharap, ke depan penanganan drainase di Sangatta menjadi lebih baik dan berfungsi dengan baik.

“Kami berharap bisa lebih maksimal untuk mengatasi masalah yang ada, ” imbuhnya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Share
Don`t copy text!