MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Dengan Kaltim ditetapkan sebagai Ibukota Negara (IKN), dipastikan akan membawa dampak besar bagi kabupaten/kota yang ada di Kaltim. Salah satunya Kota Samarinda yang akan menjadi salah satu daerah penyangga IKN.

Pemkot Samarinda sendiri telah mewacanakan berbagai pembangunan dan pengembangan sektor-sektor vital untuk mendukung pembangunan IKN.

“Kita harus menyiapkan secara fisik SDM (sumber daya manusia). Sektor pariwisata juga kita buka seluas-luasnya. Kita juga buka seluas-luasnya untuk menerima investor yang bisa membangun Samarinda, ” kata Anggota DPRD Samarinda Ahmad Sopian Noor.

Dirinya pun mendukung wacana Wali Kota melakukan penataan ulang Kota Samarinda.

“Tentu kita dukung rencana pak Wali Kota melakukan penataan. Seperti Tepian akan menjadi teras Samarinda, membangun terowongan dan kereta api untuk menunjang IKN, ” katanya.

Masih kata Ahmad Sopian, dengan Samarinda menjadi penyangga IKN, maka akan banyak lapangan kerja terbuka. Namun dia mengingatkan agar kualitas kemampuan dan keahlian pemuda-pemuda lokal Samarinda juga harus ditingkatkan.

“Dengan IKN, Samarinda bisa diuntungkan. Kita harus membenahi SDM kita agar mereka siap bersaing dengan SDM dari luar, ” tandasnya. (Adv/Koko)

Don`t copy text!