MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma mengatakan, Samarinda telah melaksanakan Seleksi Timnas U-17 yang digelar di Borneo Training Center, Komplek Stadion Madya Kadrie Oening Sempaja, Sabtu lalu (22/3/2023).

“Para peserta seleksi di Samarinda berasal dari tiga provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah,” ujarnya, Senin (24/7/2023).

Dikatakannya, pada kegiatan seleksi yang juga dihadiri Sekjen PSSI, serta Tim Talent Scouting PSSI yang terdiri dari Bima Sakti, Firman Utina, dan Eka Ramdhan tersebut, kata dia, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Kriteria pertama, yaitu bagi pemain yang diincar oleh Timnas Indonesia U-17 adalah kelahiran antara Januari 2006 hingga Desember 2007, dengan kemampuan menguasai beragam variasi teknik dan skill sepak bola.

Selain itu, lanjut Agus Hari Kesuma, para pemain diharapkan memiliki kekuatan otot yang optimal untuk melaksanakan gerakan-gerakan secara eksplosif, serta memiliki tinggi badan antara 170 hingga 185 centimeter.

“Pemain juga harus memiliki mental yang kuat agar siap mengatasi segala macam tekanan,” katanya.

Sementara itu, kemampuan khusus calon pemain Timnas U-17, kata dia, diharapkan mencakup skill reading the game, making decision dan quick action yang baik.

Dia menambahkan, para pemain juga diuji untuk memiliki VO2Max dengan rata-rata 60-65, serta kemampuan koordinasi yang baik dan keterampilan gerakan ekstrem saat berlari dengan kecepatan tinggi.

“Selain itu, tingkat kedisiplinan yang tinggi juga menjadi kualifikasi penting bagi calon pemain, ” tutupnya.

Penulis : Koko
Editor : M Jay

Don`t copy text!