MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim Fitri Maisyaroh mengatakan, saat ini Kaltim harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, guna menghadapi persaingan dengan SDM dari luar Kaltim di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dikatakannya, pembangunan tidak hanya terfokus pada infrastruktur, akan tetapi juga pada peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

Dia menyebut, dengan hadirnya IKN akan memperketat persaingan tenaga kerja, terutama bagi mereka yang ingin mencari nafkah di kawasan IKN.

Untuk itu, ia berharap ada tingkat kesadaran tinggi pada masyarakat Kaltim untuk membangun karakter dan perilaku yang positif.

“Kalau infrastruktur itu kita tidak punya dana, masyarakat bisa swadaya. Tetapi terkait SDM ketika banyak hal yang tidak beres, dalam hal ini Kaltim keluarganya masih banyak yang rentan, kemudian juga pemudanya masih banyak yang perlu dilakukan pembinaan, ini membutuhkan perhatian serius,” ujarnya, Sabtu (25/11/2023).

Fitri mengatakan, SDM yang baik tentu dapat membangun infrastruktur yang baik juga. Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat Kaltim untuk mengalami lompatan kualitas dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Dirinya juga mengapresiasi upaya pemerintah provinsi yang telah memberikan berbagai program dan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Terlebih kita sudah di depan mata akan jadi mitra IKN. Tentu persaingan akan semakin ketat sehingga SDM kita perlu mengalami lompatan kualitas untuk bisa bersaing,” jelasnya.

Dia mengaku, telah melakukan berbagai kegiatan untuk membangun kualitas SDM di daerah pemilihannya, yaitu Balikpapan. Ia telah memberikan pembinaan kepada sekitar 2.000 warga Kota Balikpapan, baik dalam hal keterampilan, kewirausahaan, maupun keagamaan.

“Kita berharap, langkah ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Balikpapan dalam menyambut hadirnya IKN,” pungkasnya. (Hk/M. Jay/Adv/DPRD Kaltim)

Don`t copy text!