MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA – Anggota DPRD Samarinda Maswedi mengapresiasi keberadaan gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Samarinda, yang berada di Jalan Kesuma Bangsa No.5, Samarinda.

Dikatakannya, gedung Dispusip Samarinda memiliki desain yang unik dan lebih bagus. Koleksi buku-buku yang siapkan juga beragam dan dalam jumlah banyak.

“Gedung perpustakaan milik kota kita ini sudah bagus, cuma fasilitasnya yang membuat orang untuk membaca itu harus disiapkan lebih lengkap lagi, seperti untuk fasilitas saudara-saudara kita yang disabilitas. Sehingga bahwa itu menarik, siapapun bisa datang, jadi kesannya tidak membosankan,” katanya.

Dikatakannya, dengan memiliki fasilitas, sarana dan prasarana yang lengkap dan menunjang, maka masyarakat akan tergerak untuk datang ke perpustakaan.

“Jadi, literasi untuk membaca ini terutama perpustakaan atau pojok baca tempatnya yang asik, sehingga minat baca masyarakat kita ini juga terus meningkat dan terus datang, jangan terkesan membosankan,” katanya.

Selain itu, kata dia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda dapat membuat program kegiatan literasi, dengan mengundang generasi muda. Termasuk, membuat survei kebutuhan buku-buku yang diinginkan oleh masyarakat.

“Anak-anak muda bisa kita tarik dengan kegiatan literasi di sana. Ditambah dengan fasilitas yang memang fasilitas anak muda untuk menarik anak-anak muda, fasilitas yang dapat mengundang untuk membaca mereka. Juga lakukan survei, buku apa yang dibutuhkan oleh calon pembaca atau pelajar, kita ini harus sediakan itu,” ujarnya.
“Contohnya, ketika kita mendatangi suatu tempat jika di sana lengkap, pasti akan datang, tetapi kalau tidak tersedia, pasti cukup sekali, tidak akan balik lagi,” sambungnya.

Maswedi menambahkan, perpustakaan di zaman sekarang harus mengikuti perkembangan, agar tidak ditinggalkan masyarakat. Apalagi sekarang digitalisasi terus berkembang dan semakin canggih.

“Terkadang kita harus mengikuti perkembangan zaman. Kalau zaman dulu harus ditinggalkan, sekarang harus mengikuti zaman moderan. Kita harus beradaptasi dengan keinginan masyarakat sekarang,” tutupnya. (Adv DPK Kaltim/Koko/M Jay)

Share
Don`t copy text!