MEDIABORNEO.NET, SAMARINDA –Pemerintah diminta untuk memberikan akses yang mudah bagi dunia pendidikan dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan digitalisasi saat ini.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Deni Hakim Anwar mengatakan, perhatian tersebut akan menjadi upaya yang sangat penting untuk menciptakan generasi muda yang cerdas dan mampu bersaing, serta berkualitas.

Perkembangan digitalisasi, kata dia, harus mampu diikuti oleh dunia pendidikan di Kota Samarinda, agar tidak tertinggal. Untuk itu Pemkot Samarinda melalui OPD terkaitnya untuk dapat menyiapkan fasilitas, sarana dan prasarana penunjang digital di sekolah-sekolah. Termasuk meningkatkan kualitas tenaga pendidikan yang lebih mengerti digitalisasi dan teknologi.

Dirinya juga menyoroti peran strategis kota sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara, khususnya dalam aspek pendidikan.

“Sarana, prasarana pendidikan yang memadai dan peningkatan kualitas SDM dari tenaga pendidik menjadi sangat penting. Mereka juga harus melek teknologi dan digitalisasi. Ke depan, tantangan ini tidak bisa dianggap remeh, mengingat dunia digitalisasi sudah merambah ke berbagai sektor,” katanya.

Persiapan untuk menghadapi perubahan zaman, perlu dilakukan sejak dini. Pemkot Samarinda diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan tren pendidikan yang terus berubah.

“Saya lebih menitikberatkan pada peningkatan SDM manusianya, karena itu merupakan bekal kita. Tenaga kerja atau generasi penerus harus memiliki kemampuan mumpuni, agar dapat bersaing dengan pendatang yang memiliki kemampuan luar biasa. Sertifikasi menjadi hal penting, dan Pemerintah Kota diharapkan bisa memfasilitasi untuk meningkatkan SDM,” katanya.

Dalam dunia kerja, kata Deni Hakim, masih banyak tenaga kerja lokal yang memiliki kemampuan, namun belum mendapat sertifikasi yang diakui secara resmi.

“Oleh karena itu, fasilitasi dari pemerintah sangat diperlukan, agar SDM yang ada dapat bersaing di pasar industri dengan lebih baik di masa depan,” pungkasnya. (Adv/Koko/M Jay)

Don`t copy text!