MEDIABORNEO.NET, KUKAR – Guna meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat, Pemerintah Kelurahan Maluhu luncurkan program Silaturahmi Satu Jam (Sitajam).

Program tersebut rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Maluhu mendatangi lingkungan masyarakat setiap harinya.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro mengatakan, diluncurkannya program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kedekatan antara Pemerintah Maluhu dengan masyarakat.

“Tiap hari minimal kami satu jam keliling mendatangi warga,” ucapnya Senin (23/10/2023).

Selain sebagai ajang silaturahmi, kata dia, program tersebut juga sebagai salah satu cara untuk menyerap masukan dan saran dari masyarakat.

Dari hasil program tersebut, pihaknya mendapati dua rumah di Maluhu yang masih menggunakan jamban sungai untuk aktivitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

“Masih ada dua warga kami di Maluhu yang beraktifitas menggunakan jamban sungai,” ungkapnya.

Tri menjelaskan, bahwa penggunaan jamban sungai tidak sesuai dengan standar kesehatan dan berpotensi menjadi sumber penyakit di lingkungan masyarakat.

Kini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kukar guna memberikan bantuan kepada masyarakat yang masih menggunakan jamban sungai tersebut.

“Sudah diusulkan sanitasi ke Disperkim Kukar dan insyaallah tahun depan di kerjakan,” kata Tri.

Selain itu, pihaknya bersama masyarakat Maluhu telah bergotong-royong memberikan bantuan pembangunan Water Closet (WC) kepada dua keluarga tersebut.

“Untuk membikinnya biar lebih layak lagi dan agar lingkungan jadi lebih sehat,” pungkasnya. (Aan/M. Jay/Adv/Diskominfo Kukar)

Don`t copy text!